Rabu, 05 Maret 2014

Mistis Gua Langse, Tempat Ritual Caleg yang Sebabkan 1 Orang Tewas


Gua Langse yang terletak di wilayah Dusun Gabuk Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu tempat favorit bagi orang melakukan semedi atau ritual.

Gua ini terletak di tebing perbukitan kapur sebelah timur kawasan Pantai Parangtritis. Posisinya tepat di pinggir laut sehingga saat berada di dalam gua yang terdengar hanya deburan ombak.

Di Yogya, gua ini jadi salah satu tempat favorit ritual selain kawasan Cepuri Parangkusumo Kawasan Parangtritis, makam Sultan Agung di Imogiri Bantul, Petilasan Ki Ageng Pemanahan, Kembang Lasmpir di Girisekar Panggang dan Giring Sodo Paliyan Gunungkidul.

Tidak banyak orang yang datang ke Gua Langse karena medan yang berat dan membahayakan bila tidak menggunakan pemandu lokal. Tapi tetap saja ada yang datang, seperti caleg, calon kepala desa kepala desa, orang yang ingin naik pangkat hingga orang yang ingin kekayaan.

Seperti ritual yang dilakukan caleg PKPI Lambok Mangiring Sinaga yang hendak maju pileg 2014 bersama Subandi dan 5 temannya. Namun nahas pada hari Minggu (2/3/2014), Subandi tewas terjatuh di tebing dan Yayuk juga terjatuh namun hanya luka patah kaki.

"Kalau mau ke sana (Gua Langse), jalannya sulit harus lewat tebing pinggir laut," ungkap Kepala Dusun Gabuk, Parijo kepada wartawan, Selasa (4/3/2014).

Menurut dia, gua menghadap ke arah laut selatan. Untuk menuju ke sana, orang harus melewati jalur jalan setapak dan melewati tangga batu kapur dan kayu atau akar pohon. Lebar jalan setapak yang dilalui hanya sekitar 1 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar